TUK Busana dan Kecantikan SMK Negeri 6 Padang Menjadi tempat diselengaranya LKS Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 1

Kegiatan Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Siswa SMK merupakan wahana untuk mengapresiasi kemampuan siswa SMK dalam bidang kompetensi keahlian yang dimilikinya  secara intensif, dalam pelaksanaannya melibatkan dunia usaha dan industri yang menjadi institusi pasangan SMK di Provinsi Sumatera Barat.

SMK Negeri 6 Padang dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebagai tempat pelaksanaan LKS Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019, adapun Kompetensi keahlian yang diperlombakan yakni Kompetensi Keahlian Busana (Fashion Technology) diikuti oleh 9 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat, dan Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan (Hair dressing dan beauty theraphy) diikuti oleh 2 Kabupaten Kota, yang mana siswa SMK Negeri 6 Padang juga mewakili Kota Padang untuk mengikuti lomba kedua Kompetensi Keahlian tersebut untuk berkopetisi di tingkat Provinsi. Kegiatan tersebut diselenggarkan dari tanggal 24 s/d 27 Mei 2019.

LKS SMK Tingkat Provinsi Sumatera Barat merupakan program tahunan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran di SMK, bertujuan untuk mencari seorang siswa terbaik di kompetensi keahliannya masing-masing untuk mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam LKS Tingkat Nasional di tahun 2019 ini yang akan diselenggarakan di daerah Yogyakarta.

Selain itu LKS juga digunakan sebagai salah satu cara untuk memotivasi semangat belajar siswa di Kompetensi Keahlian masing-masing sehingga dapat menjadi calon pekerja yang cerdas, adaptif, terampil, dan berstandar mutu yang ditetapkan dalam dunia kerja. Adapun beberapa tujuan dari pelaksanaan LKS ini:

  1. Meningkatkan kemampuan peserta didik SMK khususnya dalam penguasaan kompetensi keahlian masing-masing.
  2. Mengukur kompetensi siswa SMK Provinsi Sumatera Barat khususnya bidang keahlian Pariwisata sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dunia kerja.
  3. Meningkatkan citra SMK melalui unjuk kemampuan siswa dalam kompetensi kehaliannya masing-masing.
  4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif dan menumbuhkan kebanggaan pada kompetensi keahlian yang ditekuninya.