Sosialisasi dan Workshop Bantuan Pengembangan Teaching Factory SMK Negeri 6 Padang Tahun 2018 1

Pentingnya penyediaan sumberdaya manusia (SDM) yang terampil diwujudkan pemerintah melalui kebijakan peningkatan mutu pendidikan kejuruan yang memberi perhatian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengembangan SMK saat ini mulai bergerak dari orientasi pasar tenaga kerja lokal kepada pasar tenaga kerja ASEAN menyambut masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), serta mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (entrepreneurship). Penerapan teaching factory di SMK merupakan wujud dari salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMK untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri.

Pembelajaran melalui teaching factory bertujuan untuk menumbuh-kembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain) yang dibutuhkan DU/DI serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (production based training). Pembelajaran Teaching Factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri. Pelaksanaan Teaching Factory menuntut keterlibatan mutlak pihak industri sebagai pihak yang relevan menilai kualitas hasil pendidikan di SMK. Pelaksanaan Teaching Factory (TEFA) juga harus melibatkan pemerintah, pemerintah daerah dan stakeholders dalam pembuatan regulasi, perencanaan, implementasi maupun evaluasinya.

SMK Negeri 6 Padang, merupakan salah satu SMKdi Sumatera Barat yang memperoleh bantuan pemerintah dalam pengembangan TEFA. adapun jurusan yang dikembangkan yaitu jurusan Tata Busana. adapun kegiatan awal dalam persiapan TEFA yaitu, adanya kegiatan workshop yang nara sumber oleh Bapak Ilham. dari Industri Tata Busana, Bapak Drs.Raymon. MM Kasi kurikulum bidang SMK sekaligus mewakili Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, pengawas SMK Negeri 6 PAdang yakni Bapak Drs Mutdasir,M. Kom. dan Kepala SMK Negeri 6 Padang, Ishakawi,S. Pd. M. Ds. adapun peserta pelaksanaan workshop yaitu semua guru dan karyawan pada hari pertama, dan guru-guru produktif .