Mengenal Alam Melalui Kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu ( PERJUSAMI ) Tahun 2023 1

Laporan : Yuhermita, S.Si

Padang – Perjusami atau Perkemahan Jumat Sabtu Minggu merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengakhiri ektrakurikuler pramuka di SMK Negeri 6 Padang. Kegiatan ini kembali dilaksanakan di Bumi Perkemahan Taiger Camp Lubuk Minturun dari tanggal 26-28 Mei 2023 setelah Pandemi Covid-19 . Dibuka langsung oleh Kepala SMK Negeri 6 Padang, Dra, Sri Wirdani, M.Pd  Kegiatan Perjusami sendiri merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh SMK Negeri 6 Padang.

Perjusami tahun ini mengambil tempat di Bumi Perkemahan Taiger Camp Lubuk Minturun, Padang. Pemilihan tempat ini dilakukan karena memiliki lokasi yang asri dan berada di tengah perkebunan warga. Dengan Suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan sehingga dapat memberikan penyegaran pikiran kepada siswa. Selain itu tempat ini juga di dukung degan sarana dan fasilitas yang memadai untuk siswa.
Perjusami Tahun ini diikuti oleh Siswa kelas X sebanyak 450 siswa , Senior Pramuka dari Kelas XI dan XII, dan Dewan Ambalan Gugus Depan SMKNegeri 6 Padang . Untuk kegiatan ini selain Pembina Pramuka, sekolah juga melibatkan para guru dan staf TU sebagai pendukung dan pengawas.


Adapun rangkian acara selama tiga hari tersebut diawali dengan kegiatan, pembukaan dan penyampai materi ke pramukaan dan kegiatan lomba lainnya serta . Hari selanjutnya dilaksanakan kegiatan jelajah alam menyusuri daerah sekitar dan dilanjutkan pada kegiatan olahraga rekreasi pada sore harinya. Kegiatan Puncak nya dilaksanakan pada malam hari dengan api unggun dan hiburan  yang berlangsung dengan hikmad dan Penutupan oleh Ketua Pelaksana Perjusami  SMK Negeri 6 Padang, Ibu Rima Darma Yenti, S. Pd.
Melalui kegiatan perjusami ini, sekolah berharap siswa dapat mengenal alam dan lebih dekat lingkungan sekitar. Acara ini juga diharapkan mampu menumbuhkan kemandirian siswa melalui kegiatan yang dilaksanakan. Selama di bumi perkemahan, siswa Pramuka Gugus Depan SMK Negeri 6 Padang  mengikuti serangkaian kegiatan lapangan. Hari pertama diisi dengan acara keakraban dan unjuk bakat, hari kedua dilanjutkan dengan hiking dan api unggun pada malam harinya. Pada hari terakhir diisi dengan outbound/big game dan diakhiri upacara penutupan.

Pembina Gugus SMK Negeri 6 Padang  memuji semangat pramuka siswa SMK Negeri 6 Padang  menjalani perkemahan ditengah kondisi cuaca yang cerah . Ibu Rima Darma Yenti  juga melihat banyak sisi positif yang didapat dari rangkaian kegiatan Perjusami ini.

“ Banyak dampak positif yang bisa didapatkan oleh siswa, mulai dari keberanian pada saat jurik malam, berlatih kerjasama hingga pembentukan karakter mandiri. Inilah yang kita harapkan untuk menciptakan sisqa mandiri berprestasi,”. Papar Rima, (28/05/2023)

“ Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada, pengawas, komite, majelis guru dan orang tua siswa yang telah menyukseskan Perjusami ini. Seusai acara ini, kita harapkan siswa-i kita kembali kembali untuk mengikuti kegiatan Pramuka dengan rasa serius, disiplin dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.   (WEB-SMKN6PADANG)