SMK Negeri 6 Padang Mengukir Prestasi “ Duta GENRE Entrepreneur Putra ” Kota Padang Tahun 2022 1

 

SISWA SMK NEGERI 6 PADANG MENGUKIR PRESTASI “ DUTA GENRE ENTREPRENEUR PUTRA” KOTA PADANG  TAHUN 2022

Minggu , 27 Februari 2022 ~ Oleh Yuhermita, S.Si ~

Padang,  – Kembali Siswa SMK Negeri 6 Padang mengukir prestasi yang membanggakan yang diraih oleh  Dayat Kurniawan (Jurusan Tata Boga) . Prestasi yang diraih adalah sebagai  Duta Genre Entrepreneur Putra  Kota Padang 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk  dan Keluarga Berencana Kota Padang berlangsung, Senin (23/2/2022) bertempat di Grand Ballroom Kryiad Bumi Minang Padang.

Keberhasilan Dayat Kurniawan dapat diharapkan menjadi motivasi dan menginspirasi “ tutur Ibu Kepsek Sri Wirdani, M.Pd. Sakaligus bentuk nyata pembuktiaan talentanya dan mempraktekkan langsung ilmu kewirausahaan yang telah dipelajari disekolah dengan berjualan sepulang sekolah di GOR Agus Salim. Disamping bisa mengasah kemampuannya di bidang Kuliner, Dayat juga membiayai keperluan sekolahnya sendiri  untuk meringankan beban orang tua. SMKN 6 Padang sebagai sekolah kewirausahaan menyiapkan generasi yang produktif dan berkarakter agar nantinya bisa menjadi Wirausaha yang kreatif dan inovarif.

Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) ini adalah bukan sekadar gebyar tahunan belaka saja. Namun melalui ajang ini diharapkan para Duta Genre terpilih bisa menjadi pelopor dan motivator di tengah-tengah masyarakat nantinya. “Kita berharap, para Duta Genre dapat menyosialisasikan program Genre di lingkungan sekolah atau kampus masing-masing. Serta dapat menjadi teladan bagi teman sebaya, keluarga dan di lingkungan masyarakat,” pesan Edi Hasymi. Kepala DP3AP2KB Kota Padang Editiawarman mengatakan Duta Genre ini bertujuan untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi program Genre di kalangan remaja, mahasiswa serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri, berkarakter dan berintegritas.

Sebanyak 216 orang peserta mendaftar mengikuti Duta Genre ini, namun yang lolos seleksi di karantina sebanyak 50 orang atau 25 pasang. Mereka berasal dari SMA dan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Padang. “Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 1 Januari hingga 21 Februari 2022,” ujar Editiawarman. Adapun materi yang diberikan meliputi fokus stunting, coaching clinic, enterpreneur, smart digital media dalam pandangan psikologi, public speaking dan lain-lain. Editiawarman berharap pemilihan Duta Genre ini menjadi titik awal dalam membentuk remaja-remaja Kota Padang menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi.

Maka oleh karena itu, ia berpesan kepada seluruh Duta Genre untuk dapat menjadi remaja yang tangguh dan berkontribusi dalam pembangunan, serta terhindar dari dampak pergaulan bebas seperti napza, pernikahan dini, seks pranikah dan lainnya. BKKBN terus berupaya menyiapkan generasi muda yang sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan remaja dan menjadikan remaja yang produktif dan berkualitas, agar mampu meraih bonus demografi dan Indonesia emas tahun 2045. (Web)