Penyelarasan Kurikulum Paradigma Baru dan Bahan Ajar 2021 SMK N 6 Padang dengan DIDUKA Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

 

Penyelarasan Kurikulum Paradigma Baru dan Bahan Ajar 2021 SMK N 6 Padang dengan DIDUKA  Pada Pembelajaran Dasar-Dasar Perhotelan

 

Penyelarasan Kurikulum :  Guru SMK Negeri 6 Padang  mengikuti workshop penyelarasan

                                            Kurikulum dan Bahan Ajar sebagai bentuk penguatan kerjasama

                                            SMK dengan DIDUKA

                                                    

                                                    

SMK Negeri 6 PADANG  – Pada Rabu, 15 Desember 2021 SMK Negeri 6 Padang sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan  tahun 2021 melaksanakan penyelarasan Kurikulum Paradigma Baru dan Bahan Ajar 2021  bersama DIDUKA  dalam rangka  penyempurnaan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) pada pembelajaran Dasar-dasar Perhotelan .

Dalam Kegiatan ini menghadirkan Narasumber dari The Premire Hotel Padang, Bapak Sugianto, A.Md dan Whiz Prime Hotel Padang Ibu Cahyana Sariji, SE.  Mereka menyampaikan dalam penyusunan kurikulum Perhotelan harus memahami sepenuhnya latar belakang dan isu terkini dibidang perhotelan serta   kompetensi apa saja yang diperlukan lulusan perhotelan agar dapat memenuhi standar yang diminta oleh industri perhotelan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil WMM, Ibu Erlena, MM dan Wakil Humas, Bapak Zari Usman, M.Pd.

Selain itu , pendidik perlu mempersiapkan pembelajaran yang mengkoloborasikan teknologi (digital). Hal ini disampaikan sesuai dengan adanya perubahan pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang menuntut sekolah dan pendidik menyediakan moda pembelajaran yang menarik dengan terus menamamkan nilai nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. Perancangan pembelajaran tidak hanya berhenti pada struktur kurikulum tetapi sangat perlu memperhatikan bagaimana pendidik memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik di bidang perhotelan, sehingga sekolah memberikan ruang kepada DIDUKA untuk menjadi guru praktisi dan juga memfasilitasi secara berkala guru magang di industri.

Dengan adanya kegiatan penyelasaran kurikulum bersama DIDUKA , nantinya guru perhotelan memiliki kompetensi keahlian dapat mennyusun perangkat pembelajaran yang meliputi bisnis hotel, sejarah perhotelan, tipe hotel, fasilitas dan layanan hotel, organisasi perhotelan, status kepemilikan hotel dan jaringan hotel  secara baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan